Monday 4 February 2013


SOAL - 1
Dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, SEAMOLEC dan UT memiliki napas yang sama, yaitu pengembangan dan penerapan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Namun dari sisi kelembagaan keduanya memiliki perbedaan.
Sebutkan perbedaan tersebut dan jelaskan peran masing masing.
Jawab : Dilihat perbedaan dari segi lembaga adalah : Universitas Terbuka merupakan  Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Indoonesia. Universitas merupakan sautiu perguruan tinggi, sedangkan makna dari terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).Sedangkan SEAMOLEC merupakan suatu organisasi melainkan bukan merupakan perguruan tinggi negeri, yang dimana SEAMOLEC ini merupakan suatu organisasi yang bekerjasama dengan Perguruan tinggi  negeri, misalnya bekerjasama dengan ITB. Pada contoh ini pemberian hasil belajar mahasiswa atau ijasah akan diberikan oleh Universitas yang diajak bekerjasama oleh SEAMOLEC tersebut, atau SEAMOLEC merupakan organisasi yang merekomendasikan Mahasiswanya ke perguruan tinggi yang diajak bekerjasama tersebut.
Dilihat perbedaan dari segi ruang lingkup mahasiswa : Universitas Terbuka Merupakan Perguruan Tinggi Negeri, yang dimana peserta didiknya  yang berasal dari berbagai daerah di indonesia. Sedangkan SEAMOLEC adalah organisasi pendidikan yang memiliki ruang lingkup lebih luas dari UT yaitu ASEAN di bawah naungan SEAMO dan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di ASEAN.

Dilihat perbedaan dari media yang digunakan sebagai sarana belajar : 
Universitas Terbuka media yang digunakan sebagai sarana belajar yaitu masih terdapat penggunaan modul-modul yang diberikan oleh staf pengajar atau dosen. Sedangkan SEAMOLEC media yang digunakan sebagai sarana belajar yaitu selalu menggunakan media online yang digunakan sbagai perantara anatara staf pengajar dengan pelajar, misalnya dalam pemberian materi ataupun yang lainnya yang berhubungan dengan proses belajar.
SOAL - 2
Dalam “video pembelajaran” di-visualisasikan salah satu model pembelajaran PJJ yang menggambarkan sosok “Pengajar”, “Siswa” dan “Pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Kominikasi)”.
Jelaskan perbedaan antara Pembelajaran Tatap Muka (Kelas Biasa) dengan Pembelajaran PJJ berbasis TIK dari sisi “Pengajar” dan “Siswa”.
Jawab :
Dilihat perbedaan dari sisi pengajar :
Pada pembelajaran tatap muka (kelas biasa), pengajar di dalam merespon suatu pertanyan dari siswa akan terasa kurang efektif ini dikarenakan siswa disini akan kurang kondusif di dalam bertanya. Pengajar juga disini akan sulit mengatasi berapa jumlahnya siswa yang akan diajar, karena disini harus menentukan tempat atau ruang belajar dari siswa tersebut.
Pada pembelajaran PJJ berbasis TIK, pengajar di dalam merespon pertanyaan dari siswa akan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada pembelajaran ini pengajar akan lebih mudah mengatasi berapa banyaknya siswa yang akan di ajar, ini dikarenakan pengajar akan bisa mengaturnya melaluli jaringan internet dengan menggunakan e-learning.
Dilihat perbedaan dari sisi siswa adalah :
Pada pembelajaran tatap muka (kelas biasa), siswa harus terpaku dengan apa yang diberikan oleh pengajar. Siswa juga kurangnya mendapatkan refrensi pembelajaran karena tidak terdapat koneksi internet. Pada pembelajaran ini juga, siswa kurangnya kreativitas dan kemandirian karena siswa disini selalu diberikan materi secara langsung oleh pengajar.
Pada pembelajaran PJJ berbasis TIK, disini siswa tidak harus terpaku dengan apa yang diberikan oleh pengajar. Siswa juga disini dapat menggali materi sebanyak-banyaknya karena adanya koneksi internet untuk dapat melakukan searching materi pembelajaran. Pada pembelajaran ini, siswa akan menjadi mandiri dan bisa membentuk suatu kreatifitas dan terinovasi karena siswa akan secara otomatis memiliki keinginan untuk bersaing untuk mendapatkan suatu materi-materi pembelajaran yang akan di cari melalui internet.
SOAL - 3
Dalam model pembelajaran PJJ berbasis TIK seperti MOOC (Massive Open Online Course), seorang dosen dimungkinkan memiliki siswa 150 ribuan (Standfor dan MIT). Namun tingkat kelulusan peserta didiknya hanya sekitar 30 ribuan (kurang dari 50 %).
Apa saja faktor yang menurut Anda mempengaruhi rendahnya tingkat kelulusan tersebut dan jelaskanlah.
Jawab :
Faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat kelulusan yaitu :
Dilihat dari sisi pengajar, kurangnya strategi untuk menangani dari banyak mahasiswa yang di ajar. Sehingga pengajar aan merasakan kesulitan untuk menangani tugas-tugas ataupun materi-materi yang akan diberikan ke pengajar  tersebut
Dilihat dari siswa, kurangnya pengontrolan e-learning atau krangnya kratifitas, keaktifan beserta inovasi-inovasi yang disadarkan atas pjj tersebut. Disini juga dapat dilihat kurangnya kesiapan mahasiswa untuk mengikuti PJJ tersebut, sehinngga mahasiswa akan ketinggalan ataupun kesusahan dalam mengikuti PJJ tersebut.

0 comments:

Post a Comment