SOAL
- 1
Dalam
perkembangan pendidikan di Indonesia, SEAMOLEC dan UT memiliki napas yang sama,
yaitu pengembangan dan penerapan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Namun dari sisi
kelembagaan keduanya memiliki perbedaan.
Sebutkan perbedaan
tersebut dan jelaskan peran masing masing.
Jawab : Dilihat
perbedaan dari segi lembaga adalah : Universitas
Terbuka merupakan Perguruan Tinggi
Negeri yang terdapat di Indoonesia. Universitas merupakan sautiu perguruan
tinggi, sedangkan makna dari terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun
ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan
yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang
pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).Sedangkan
SEAMOLEC merupakan suatu organisasi melainkan bukan merupakan perguruan tinggi negeri, yang dimana SEAMOLEC ini merupakan suatu organisasi yang bekerjasama
dengan Perguruan tinggi negeri, misalnya
bekerjasama dengan ITB. Pada contoh ini pemberian hasil belajar mahasiswa atau
ijasah akan diberikan oleh Universitas yang diajak bekerjasama oleh SEAMOLEC
tersebut, atau SEAMOLEC merupakan organisasi yang merekomendasikan Mahasiswanya
ke perguruan tinggi yang diajak bekerjasama tersebut.
Dilihat
perbedaan dari segi ruang lingkup mahasiswa : Universitas
Terbuka Merupakan Perguruan Tinggi Negeri, yang dimana peserta didiknya yang berasal dari berbagai daerah di
indonesia. Sedangkan
SEAMOLEC adalah organisasi pendidikan yang memiliki ruang lingkup lebih luas
dari UT yaitu ASEAN di bawah naungan SEAMO dan bekerja sama dengan beberapa
perguruan tinggi di ASEAN.
Dilihat
perbedaan dari media yang digunakan sebagai sarana belajar :
Universitas
Terbuka media yang digunakan sebagai sarana belajar yaitu masih terdapat
penggunaan modul-modul yang diberikan
oleh staf pengajar atau dosen. Sedangkan SEAMOLEC media yang digunakan
sebagai sarana belajar yaitu selalu menggunakan media online yang digunakan
sbagai perantara anatara staf pengajar dengan pelajar, misalnya dalam pemberian
materi ataupun yang lainnya yang berhubungan dengan proses belajar.
SOAL
- 2
Dalam
“video pembelajaran” di-visualisasikan salah satu model pembelajaran PJJ yang
menggambarkan sosok “Pengajar”, “Siswa” dan “Pemanfaatan TIK (Teknologi
Informasi dan Kominikasi)”.
Jelaskan
perbedaan antara Pembelajaran Tatap Muka (Kelas Biasa) dengan Pembelajaran PJJ
berbasis TIK dari sisi “Pengajar” dan “Siswa”.
Jawab :
Dilihat
perbedaan dari sisi pengajar :
Pada
pembelajaran tatap muka (kelas biasa), pengajar di dalam merespon suatu
pertanyan dari siswa akan terasa kurang efektif ini dikarenakan siswa disini
akan kurang kondusif di dalam bertanya. Pengajar juga disini akan sulit
mengatasi berapa jumlahnya siswa yang akan diajar, karena disini harus
menentukan tempat atau ruang belajar dari siswa tersebut.
Pada
pembelajaran PJJ berbasis TIK, pengajar di dalam merespon pertanyaan dari siswa
akan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada pembelajaran ini pengajar akan
lebih mudah mengatasi berapa banyaknya siswa yang akan di ajar, ini dikarenakan
pengajar akan bisa mengaturnya melaluli jaringan internet dengan menggunakan
e-learning.
Dilihat
perbedaan dari sisi siswa adalah :
Pada
pembelajaran tatap muka (kelas biasa), siswa harus terpaku dengan apa yang
diberikan oleh pengajar. Siswa juga kurangnya mendapatkan refrensi pembelajaran
karena tidak terdapat koneksi internet. Pada pembelajaran ini juga, siswa
kurangnya kreativitas dan kemandirian karena siswa disini selalu diberikan
materi secara langsung oleh pengajar.
Pada
pembelajaran PJJ berbasis TIK, disini siswa tidak harus terpaku dengan apa yang
diberikan oleh pengajar. Siswa juga disini dapat menggali materi
sebanyak-banyaknya karena adanya koneksi internet untuk dapat melakukan
searching materi pembelajaran. Pada pembelajaran ini, siswa akan menjadi
mandiri dan bisa membentuk suatu kreatifitas dan terinovasi karena siswa akan
secara otomatis memiliki keinginan untuk bersaing untuk mendapatkan suatu
materi-materi pembelajaran yang akan di cari melalui internet.
SOAL
- 3
Dalam
model pembelajaran PJJ berbasis TIK seperti MOOC (Massive Open Online Course),
seorang dosen dimungkinkan memiliki siswa 150 ribuan (Standfor dan MIT). Namun
tingkat kelulusan peserta didiknya hanya sekitar 30 ribuan (kurang dari 50 %).
Apa
saja faktor yang menurut Anda mempengaruhi rendahnya tingkat kelulusan tersebut
dan jelaskanlah.
Jawab
:
Faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat kelulusan
yaitu :
Dilihat dari sisi pengajar, kurangnya
strategi untuk menangani dari banyak mahasiswa yang di ajar. Sehingga pengajar
aan merasakan kesulitan untuk menangani tugas-tugas ataupun materi-materi yang
akan diberikan ke pengajar tersebut
Dilihat dari siswa, kurangnya
pengontrolan e-learning atau krangnya kratifitas, keaktifan beserta
inovasi-inovasi yang disadarkan atas pjj tersebut. Disini juga dapat dilihat
kurangnya kesiapan mahasiswa untuk mengikuti PJJ tersebut, sehinngga mahasiswa
akan ketinggalan ataupun kesusahan dalam mengikuti PJJ tersebut.
0 comments:
Post a Comment